[Movie Review] Anak Kos Dodol

Anak.Kos.Dodol.2015.480p.WEB-DL.mp4_20160731_205400.991

230px-anak_kos_dodol

Oke, aku tertarik untuk mencoba menonton film ini karena judulnya ada “Anak Kos”-nya gitu ditambah embel-embel dodol. Secara aku adalah seorang anak kos selama 11 tahun ini. Oh, God.. tanpa ku sadari udah selama itu aku jadi anak kos 😦

Anak Kos Dodol bercerita tentang 13 cewek yang ngekos bareng di kos Puri Cantika Yogyakarta. Sofia (Wizzy), Sarah (Shamira) dan Dewi alias Dedew (Ayudia Bing Slamet) adalah tiga cewek yang baru lulus SMA dan datang dari luar kota untuk kuliah di Jogya. Mereka lalu ngekost di kos Puri Cantika yang sudah dihuni oleh 10 cewek lain seperti Anti (Dian Widianti), Julia (Cerelia Raissa), Elsha (Bella Luna), Shasa (Intan Melody), Tere (Marsha Risdasari), Ugie (Rachquel Nesia)Alisa (Immy Geovani), Rasti (Bella Shifa) dan juga para senior kayak mbak Nunu (Jesika Dani) yang galak dan mbak Leslie (Waode Kartika) yang bijak. Dedew, Sofia, dan Sarah menjadi angkatan terakhir dari penghuni kos-kosan tersebut.

Anak-anak kos ini awalnya rukun damai bersatu, tapi kemudian malah pecah menjadi dua kubu. Sampai akhirnya mereka bersatu kembali karena rasa persahabatan dan kebersamaan yang kuat (eaaaa..!). Mereka pun menemukan tiga hal paling berharga dalam petualangan hidup mereka: saat mereka merasa begitu bebas seperti burung yang baru lepas dari sangkarnya, melesat terbang merayakan kemerdekaannya, lalu menemukan cinta di perjalanan dan pada akhirnya menyadari arti kebebasan yang sebenarnya.

Cerita Anak Kos Dodol ini diadaptasi dari sebuah buku curhatan bestseller karya Dewi Rieka alias Dedew.  Ternyata nama karakter utama di film ini adalah nama pengarang bukunya. Kalo baca bukunya kayaknya pasti asik, nih ceritanya. Tapi kalo dibuat jadi film gini, ya sudah bisa ditebak pasti bakal mengecewakan. Belum apa-apa, film ini udah menampakkan ke’dodolan’nya. Dimulai dari munculnya karakter lebay yang bikin muntah, Sarah yang main kejar-kejaran dengan karakter utama, Dedew dan teman barunya, Sofia untuk nyari kost-kostan. Setelah itu diperkenalkan lagi karakter-karakter dodol lainnya kayak Anti yang terobsesi sama artis yang dodol juga, Ryan (Ananda Omesh). Iya, artisnya dodol. Masa nggak bisa ngadepin fans yang tukang stalking dan fanatiknya lebay gitu. Kedodolan-kedodolan lainnya, tuh masih banyak, aku sampai malas buat membahasnya. Nonton aja deh mending.

Anak kost itu kebanyakan identik dengan hal-hal yang kurang baik dan di sini pun digambarkan dengan gamblang, seperti contohnya suka clubbing dan merokok. Adegan anak-anak kost dodol ini merokok di kost itu lumayan banyak dan bikin  jengah liatnya. Rusak, deh reputasi anak kost baik-baik gara-gara film ini walaupun fakta di lapangan memang ada yang seperti itu. Untungnya, selama  aku ngekost, nggak ada teman-teman kostku yang kayak gitu. Tapi kalau soal pacaran, sih iya. Dan ini bikin jengkel kadang-kadang. Gimana nggak jengkel coba kalau tiap hari pacar si A atau pacar si B datang ngapel mulu ke kostan. Udah gitu ngapelnya sampai seharian lagi. Alamak!! Ini bukan soal iri karena nggak punya pacar, tapi jadi nggak bisa berseksi ria di kostan kalau ada laki-laki gitu. Woi, kenapa jadi curcol?! Wkwk.. Soalnya jadi ingat masa-masa ngekost dulu bareng teman-teman kuliah gara-gara nonton film ini.

Anak.Kos.Dodol.2015.480p.WEB-DL.mp4_20160731_204613.175

Soal berseksi ria, kebanyakan anak-anak kost kalau lagi di kostan pasti pada pake pakaian minim gitu. Soalnya dulu dikostan aku juga gitu. Makanya tadi aku bilang, paling sebel kalo ada yang pacaran sampai seharian di kostan gitu. Jadi nggak bisa bebas di kostan. Alhasil di kamar mulu jadinya. Huh! Di film ini juga anak-anak kost dodol berpakaian minim terus; hot pants dan tank top, tuh nggak pernah ketinggalan. Para lelaki yang nonton film ini bakal segar liat pemandangan paha-paha mulus berseliweran sepanjang film. Tapi aku ngeliatnya malah sedikit risih. Sama adegan yang merokok itu juga bikin risih liatnya.

Namanya kost-kostan, apalagi dihuni oleh 13 makhluk yang namanya cewek, pasti rame dan rempong. Tapi sayangnya, kisah keseruan ke-13 penghuni kostan ini kurang dieksplor lebih banyak. Ya mungkin karena film ini merangkum peristiwa yang penting-penting aja dari kumpulan bukunya. Sebagai penonton awam yang nggak baca bukunya, ada beberapa adegan yang terasa membingungkan karena adegannya lompat-lompat sesuka hati. Kayaknya emang lebih baik baca bukunya aja, deh!  Aku juga tertarik jadi pengen baca bukunya, nih!

Selain Ayudia Bing Slamet, kedua belas anak kost lainnya diperankan oleh pemain yang nggak familiar wajahnya. Aku, sih yang nggak familiar sama wajah-wajah mereka :D. Karakter Dedew adalah karakter sentral tapi untunglah porsinya masih bisa dimaafkan. Tapi sayangnya, karakter-karakter yang lain juga kurang dieksplor lebih dalam. Faktor durasi juga, sih! Ayudia, sih aktingnya biasa aja, nggak ada yang spesial. Yang justru sedikit mencuri perhatian adalah Wizzy. Film ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari suami istri Pongki Jikustik dan Sophie Novita, Ananda Omesh, Kenes Andari, dan Indra Sinaga vokalis band Lyla. Untung wajahnya Indra nggak tuwir-tuwir amat jadi masih cocoklah jadi mahasiswa. Tapi kalau soal akting, sorry masbro.. harus lebih banyak latihan.. flat banget soalnya.

Anak.Kos.Dodol.2015.480p.WEB-DL.mp4_20160731_205620.159

Anak Kos Dodol ini kayaknya lebih oke kalau dibuat FTV aja dari pada dibuat film gini. Dan kayaknya kalau aku baca bukunya duluan, dijamin pasti kecewa tingkat tinggi. Hmm.. Tapi setidaknya film ini jadi mengingatkanku pada masa-masa ngekost dulu. Dan satu hal yang aku sesali, kenapa dulu aku dan teman-teman kostku nggak ngelakuin hal yang sama kayak Dedew cs; makan gratis di kondangan 😀 😀

Anak.Kos.Dodol.2015.480p.WEB-DL.mp4_20160731_205748.222

Info:
Title: Anak Kos Dodol
Director: Eman Pradipta
Release Date: 26 February 2015
Country: Indonesia
Language: Bahasa

Cast:
Ayudia Bing Slamet
Indra Perdana Sinaga
Ananda Omesh
Pongki Barata
Sophie Navita
Kenes Andari

Wizzy
Rachquel Nesia
Shamira
Kimmy Geovani
Marsha Risdasari
Bella Shifa
Dian Widayanti
Intan Melodi
Bella Luna Ferlin
Jesika Dani
Waode Kartikasari
Cerelia Raissa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s